Undangan Online, Perlukah?

Undangan Online, Perlukah?

Dewasa ini seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya jejaring sosial seperti facebook & twitter, banyak calon pengantin yang memanfaatkan sosial media tersebut untuk mengirimkan informasi pernikahan mereka

Para calon pengantin tidak saja menyiapkan undangan pernikahan berupa kartu, tetapi banyak juga dari mereka yang  membuat Web Pernikahan berupa Flash lalu disebarkan melalui jejaring sosial. Jadi undangan pernikahan online ini (sementara waktu) merupakan pendamping undangan cetak biasa (karena sayangnya masih banyak orang yang cukup gaptek atau merasa ‘belum diundang’ bila belum menerima kartu undangan) .

Ada beberapa alasan mengapa undangan online bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda 

  1. Ditinjau dari segi harga, undangan online memang jauh lebih murah, apalagi sekarang harga kertas yang berkualitas relatif mahal, ditambah dengan ongkir yang harus disiapkan bagi para undangan di luar daerah. Dengan menyebarkan undangan online melalui sosial media, Anda akan menghemat banyak budget undangan cetak, karena Anda bisa lebih leluasa menentukan jumlah tamu yang akan Anda undang.
  2. Anda tidak perlu menunggu berminggu-minggu hingga undangan Anda naik cetak. Hanya dalam waktu 1 x 24 jam, undangan online Anda sudah bisa Anda lihat hasilnya dan siap disebarkan.
  3. Foto-foto pre-wedding Anda akan tetap dapat dinikmati siapa pun dan sampai kapan pun. Tidak hanya foto-foto pre-wedding yang bisa ditampilkan, foto-foto momen pernikahan pun dapat ditambahkan nantinya, sehingga rekan-rekan yang jauh dan tidak bisa menghadiri pernikahan dapat menjadi saksi betapa sakral, manis, dan romantisnya pernikahan anda.
  4. Dengan mengurangi pemakaian kertas yang berbahan baku tanaman, Anda sudah ikut menggalakkan program ramah lingkungan (Go Green), mengurangi jumlah sampah dan pemanasan global. Saya yakin banyak orang yang setuju dengan hal ini.
  5. Disain unik dan model undangan yang berbeda dengan kebanyakan orang yang Anda kenal. Setiap teman dan kerabat yang Anda undang bisa jadi akan berkata, “Oh…kamu pakai undangan online, seperti apa itu? kreatif juga, ya?”
  6. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menempelkan ratusan stiker nama undangan, memasukkan undangan ke dalam plastik dan mengantarkan undangan Anda satu persatu (atau mengantri di loket titipan kilat).
  7. Dengan adanya fasilitas Guest Book/Buku Tamu, Anda akan lebih mudah memantau kira-kira berapa orang yang akan menghadiri acara pernikahan Anda. Boleh dibilang ini semacam RSVP yang biasanya ada di undangan pernikahan orang bule.
  8. Bila Anda menghendaki, undangan online Anda dapat disulap menjadi blog keluarga baru Anda, yang bisa dilengkapi dengan foto-foto honey moon, cerita kehamilan Anda, kehadiran buah hati, resep masakan andalan atau bahkan informasi bisnis rumahan yang sedang Anda jalankan.

Beberapa hal di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi banyak calon pengantin yang ingin mengabadikan momen-momen pernikahan dengan membuat website undangan pernikahan online. Fitur-fitur yang disediakan pun dibuat semirip mungkin dengan undangan cetak, termasuk dicantumkannya nama tamu yang akan diundang. Tentu ada tambahan fasilitas lain yang hanya bisa diakses secara online. Memang pada dasarnya website pernikahan bukanlah sesuatu yang wajib pada sebuah acara pernikahan, namun hanya sebagai pelengkap momen-momen kebahagiaan.

Sekarang kembali lagi kepada Anda, seberapa pentingkah undangan online ini untuk hari pernikahan Anda nanti?

Demikian Artikel kami mengenai Undangan Online, Perlukah?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: